Home Event Transfoodmation, “Innovative Food For a Better Future”

Transfoodmation, “Innovative Food For a Better Future”

0
SHARE
Transfoodmation 2017, merupakan ajang bergengsi wadah adu kreasi insan muda yang inovatif dan kreatif

SobatMbois, Transfoodmation merupakan sebuah event yang diselenggarakan  oleh Akademi  Analis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA) PUTRA INDONESIA MALANG pada tahun 2017 dengan tema Innovative Food for a Better Future.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peranan generasi muda dalam hal ini para siswa SMA/SMK dan MA untuk dapat lebih menyayangi dan bangga pada produk pangan buatan lokal yang penuh manfaat dan tak kalah saing dengan produk pangan yang berasal dari luar negeri”, ujar Fitri Eka Lestari, S.Gz yang merupakan ketua panitia.

Sebagai ketua panitia, lebih lanjut dosen makanan dan minuman PIM Kampus tersebut menambahkan, bahwa bahan pangan lokal memiliki banyak sekali potensi dan manfaat seperti halnya bonggol pisang yang dahulu banyak dimasak oleh masyarakat saat ini sudah tak lagi dikenal oleh anak muda. Padahal bonggol pisang tersebut banyak mengandung senyawa-senyawa yang baik untuk kesehatan.

Selain itu ada juga umbi porang yang hanya dikenal masyarakat sebagai umbi hutan untuk pakan ternak, ternyata bisa dimanfaatkan untuk diolah dalam bentuk pangan fungsional dan bermanfaat untuk menanggulangi berbagai macam penyakit degeneratif. Melalui event ini diharapkan ada inovasi-inovasi yang lahir dari bahan pangan lokal maupun tradisional yang dikemas lebih modern dan unik supaya lebih dikenal dan disukai oleh masyarakat.

Lomba Cipta Kreasi dan Inovasi pangan berbasis bahan lokal ini akan membuka peluang bagi para pengusaha muda untuk unjuk gigi dalam berkompetisi dalam menciptakan produk-produk baru sehingga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi dan dapat menciptakan peluang usaha baru. Peminat lomba ini cukup membuat artikel minimal 1 lembar yang bisa menceritakan produk dimulai dari bahan mentah, kandungan yang terdapat pada bahan tersebut hingga produk jadi yang merupakan hasil inovasi mereka.

10 peserta yang akan dinilai berdasarkan konten, kreativitas dan inovasi terpilih akan melaju final dan diminta untuk membuat produk dan mempresentasikan hasilnya dihadapan juri untuk memperebutkan tempat ke-1, 2 dan 3.

Sementara itu bagi siswa yang mempunyai hobi mengabadikan obyek dalam bingkai foto bisa mengikuti lomba fotografi dengan label “Food Genic. The Art of Indonesian Local Food” sebuah lomba yang bertujuan untuk membidik foto makanan berbahan pangan lokal dari sudut-sudut cantik tertentu bahan pangan tradisional tersebut dapat lebih elok dipandang mata dan membuat orang yang melihatnya tertarik terhadap hasil bidikan kamera pada makanan atau bahan pangan tersebut.

Lomba ini 100% GRATIS dan digelar oleh kampus yang beralamat di jalan Barito Kota Malang. Total hadiah yang akan diperebutkan sebanyak jutaan rupiah dan juga ada trofi dari Walikota Malang. Menurut rencana final event yang diagendakan tahunan ini akan digelar di pasar Apung Museum Angkut pada tanggal 9 September 2017.

Pendaftaran Transfoodmation dibuka mulai 1 Juni hingga 12 Agustus 2017 di kampus sekretariat AKAFARMA PUTRA INDONESIA MALANG, Jalan Barito No 5 Malang. Sementara kontak lainnya tertera di bawah ini;

E-mail : transfoodmation.akapim@gmail.com

Contact Person :
– Lomba Cipta Kreasi dan Inovasi pangan; 081232231340 (Nela)
– Lomba Food genic; 083834339333 (Apry)

LEAVE A REPLY