Home Berita Pesona Alam Ranu Kumbolo Semeru

Pesona Alam Ranu Kumbolo Semeru

0
SHARE
malangmbois.com
Keindahan alam Ranu Kumbolo yang sangat mempesona dan eksotis, Malam yang bertabur bintang terlihat jelas diatas langit Ranu Kumbolo. Menunggu Sunrise adalah saat yang sangat mendebarkan, dan kita yakin SobatMbois bakal ketagihan kesini lagi.

 

Danau yang terletak di lereng gunung semeru yang bernama Ranu Kumbolo merupakan sebuah destinasi tujuan crew MalangMbois saat liburan kali ini. Ranu Kumbolo yang memiliki luas 15 hektare merupakan danau indah yang menjadi tujuan para pendaki saat transit bermalam sebelum kepuncak mahameru.

Ranu Kumbolo yang masuk dalam kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) selalu menjadi magnet para pendaki setiap harinya. Ribuan orang datang untuk mencari ketenangan dan menikmati keindahan Ranu Kumbolo. Maka untuk menjaga ekosistem dan kelestarian maka resort TNBTS memberlakukan sistem kuota. Kuota pendaki ranu kumbolo dibatasi sampai dengan 500 orang setiap harinya, team MalangMbois yang datang saat weekend harus rela mengundurkan jadwalnya hingga esok harinya karena saat team MalangMbois  datang kuota sudah penuh.

 

Beberapa persiapan yang wajib SobatMbois lakukan diantaranya :

  1. Persiapan mental dan fisik
    Mental bisa kita dapatkan dari diri kita, dengan memotivasi diri dan tujuan dalam mendaki. Persiapan fisik kita bisa berolahraga seperti jogging, persiapan fisik bisa kita dapat dari mengkonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup dan minum vitamin sebelum mendaki karena perjalanan menuju ranu kumbolo selama 5-6 jam.

 

 

 

  1. Bekal atau logistik
    Persiapan bekal atau logistik menuju danau ranu kumbolo membutuhkan waktu sekitar 2 hari 1 malam. Makanan yang ringan dan mengenyangkan, seperti sereal, roti, mie instan coklat dan minuman kopi maupun teh mutlak dipersiapkan selama berada di ranu kumbolo.

 

 

 

  1. Perlengkapan pendakian
    Perlengkapan Pendakian standart yang wajib dipersiapkan diantaranya tas carier (minimal 60 liter), peralatan masak, tenda, matras, sleeping bag, jaket tebal, baju ganti (minimal 2/3 baju), Sepatu Treking, P3K, senter dan jas hujan bila kita mendaki di musim penghujan.

malangmbois

  1. Administrasi
    Pendaki yang akan ke gunung semeru harus mempersiapkan beberapa hal diantaranya Surat Sehat dari puskesmas maupun dokter, Foto Kopi KTP, Materai Rp. 6000 2 lembar, sedang bagi pendaki anak-anak dengan usia minimal 10 tahun dan belum memiliki KTP dapat menyerahkan fotokopi akte kelahiran serta surat pernyataan dari orang tua.

          follow instagram kita juga : @malang_mbois  [ klik disini ]

Pendaki yang datang kesemeru secara langsung dapat mengisi form surat pernyataan dan form daftar perlengkapan dan logistik selama berada di ranu kumbolo. Setelah mengisi dilanjutkan mengikuti briefing dari SAVER ( Sahabat Volunter Semeru) untuk mendengar aturan pengetahuan seputar pendakian kawasan TNBTS khususnya semeru.

malang mboisDiharapkan dari briefing ini pendaki pemula lebih peduli dan bukan hanya sekedar mendaki, sampah yang dibawa menuju ranukumbolo wajib mereka bawa kembali ke ranupane setelah melakukan pendakian. Setelah mendengar briefing pendaki membeli tiket masuk pendakian semeru sebesar Rp. 22.500/ hari (weekend) dan 17.500/hari(weekday).

Mulai 1 Oktober 2017 TNBTS menghapus pembelian tiket masuk OFFLINE dan hanya menerima pendaftaran ONLINE saja melalui website : http://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org/

Selama melakukan pendakian crew MalangMbois disuguhi pemandangan yang menajubkan. Lukisan alam yang begitu indah terhampar sepanjang perjalanan. Rimbunnya daun serta hembusan kabut tipis diantara pepohonan menambah rasa syukur kepada sang pencipta.

Sinyal seluler jalur semeru ada di POS 1 dan POS 2 sehingga pendaki dapat mengabarkan kepada keluarga tentang pendakian atau bahkan sekedar berganti foto profil. Sedang di POS 3 sinyal seluler tidak stabil sehingga perlu mengulang beberapa kali jika akan mengirim sms atau telepone keluarga di rumah.


Saat tiba di POS 4 rasa capek dan lelah akan terbayar dengan keindahan dan kesejukan, keindahan ranu kumbolo yang terhampar di depan mata, hembusan kabut tipis yang belayang diatas air menambah rasa syukur pada sang pencipta.

Keindahan alam Ranu Kumbolo yang sangat mempesona dan eksotis, Malam yang bertabur bintang terlihat jelas diatas langit Ranu Kumbolo. Menunggu Sunrise adalah saat yang sangat mendebarkan, dan kita yakin SobatMbois bakal ketagihan kesini lagi.

Penulis : apryaje
Foto     : apryaje, hedta

malang mbois

 

LEAVE A REPLY