Home Destinasi Museum Brawijaya, “Cahaya Yang Membangkitkan Semangat”

Museum Brawijaya, “Cahaya Yang Membangkitkan Semangat”

0
SHARE

Museum Brawijaya yang berada di Kota Malang, pertama kali dibangun pada tahun 1952 atas prakarsa Brigjen TNI (Purn) Soerachman Pangdam VIII/Brawijaya. Museum ini didirikan dengan latar belakang perjuangan TKR (Tentara Komando Rakyat) dan rakyat Jatim yang melawan agresi militer Belanda I dan II.

Museum Brawijaya diresmikan pada tanggal 4 Mei 1968 oleh Kolonel Pur. Dr. Soewondo. Mengenal museum dengan mempelajari sejarah para pejuang, sudah pasti membuat rekanmbois terpompa akan CITTA UTTHAPANA CAKRA yang berarti Api Penyebar Semangat yang menjadi moto dari Museum Brawijaya.

Pic by ig @widyaka_

Saat berkunjung ke Museum Brawijaya, rekanmbois akan melihat beberapa koleksi peninggalan sejarah. Saat berada di depan museum, rekanmbois akan melihat tank yang digunakan pada pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya.

Kemudian rekanmbois bisa melihat senjata Penangkis Serangan Udara yang disita oleh BKR pada September 1945 dari tangan tentara Jepang. Ada juga meriam Cannon 3,5 Inch yang diberi nama Si Buang yang disita oleh TKR di Desa Gethering Gresik dari tentara Belanda pada 10 Desember 1945.

Pic by ig @riski_y10

Dibagian belakang museum rekanmbois bisa melihat ikon dari Museum Brawijaya, yaitu Gerbong Maut yang merupakan sebuah gerbong barang yang digunakan untuk mengangkut 100 Pejuang Indonesia dari Bondowoso ke Surabaya dalam keadaan pintu tertutup rapat dan tanpa ada lubang angin yang memadai, yang menewaskan hampir seluruh penumpang dan hanya menyisakan 12 orang selamat.

Pic by ig @museumbrawijaya

Di dalam museum rekanmbois akan melihat mobil “DE SOTO USA”, yaitu mobil yang digunakan oleh Kolonel Soengkono sebagai kendaraan dinas yang pada waktu itu menjabat sebagai Panglima Divisi Brawijaya (Divisi I Jawa Timur) pada tahun 1948-1950. Ada juga barang-barang peninggalan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Foto-foto jaman perjuangan hingga foto Malang tempo dulu juga masih terpampang dengan rapi di dalam museum. Berikut ini beberapa bagian yang ada di dalam museum.

Pic By IG @anabyan_nisa

Ruang 1. Koleksi yang terdapat pada ruangan ini merupakan barang koleksi dari tahun 1945 hingga 1949. Pada ruangan ini rekanmbois akan diperlihatkan banyak benda-benda bersejarah seperti foto-foto mantan panglima yang pernah memimpin di Jawa Timur, senjata api dan lain sebagainya.

pic by ig @ahmadzainulabidindomba

Ruang 2. Koleksi yang terdapat pada ruangan ini merupakan benda yang berasal dari tahun 1950 hingga sekarang. Di ruangan ini terdapat benda-benda bersejarah seperti komputer yang digunakan pada masa lalu dan lain sebagainya. Di sini juga terdapat foto-foto yang menarik untuk dilihat, seperti foto-foto yang menceritakan operasi khusus yang dilakukan dalam menumpas pemberontakan yang terjadi di Indonesia dan juga terdapat foto-foto Kota Malang tempo dulu.

Pic by ig @dianevasusanti

Halaman Tengah. Pada ruangan terbuka ini, pengunjung akan diperlihatkan 2 buah benda bersejarah yang memiliki cerita unik tersendiri dan nama yang menarik. Kedua benda tersebut memiliki nama masing-masing adalah “Gerbong Maut” dan “Perahu Sigigir”.

Pic by ig @utamaudyah

Semoga ulasan ini bisa menambah referensi dan wawasan rekanmbois saat akan berkunjung ke Kota Malang.

Nama Destinasi             : Museum Brawijaya Malang
Lokasi                         : JL. Ijen, No. 25 A, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65115
Jam buka                    :  08:00 Wib s.d 15 : 00 Wib
HTM                           :  IDR 3.000 *
Parkir                         :  Motor   IDR 2.000 / Mobil  IDR 5.000 *
(*harga sewaktu-waktu dapat berubah)

Edited by Slamet agus cahyono

Sumber    : wisatadanbudaya.blogspot.com
Website    : museumindonesia.com
Instagram : @malang_mbois

LEAVE A REPLY