Home Destinasi Camping Asyik di Pantai Gatra

Camping Asyik di Pantai Gatra

0
SHARE
ig @citra_aliya

Pantai Gatra merupakan salah satu pantai yang terletak di pesisir selatan Pulau Jawa. Secara administratif, pantai Gatra terletak di Dusun Sendang Biru, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan – Kabupaten Malang.

Rute menuju ke Pantai Gatra bisa ditempuh baik melalui Turen ataupun Gondanglegi atau Bantur. Sesampainya di Turen, anda dapat mengambil rute ke arah pantai Sendang Biru diteruskan menuju arah barat mengarah ke rute pantai Balekambang.

Sedangkan jika rekambois mencoba jalur lintas selatan yang melalui Bantur, rekambois akan mendapatkan pengalaman yang cukup seru walaupun dengan rute yang sedikit lebih jauh namun dengan keadaan jalan yang lebih baik. Sesampainya di persimpangan dekat pantai Balekambang, rekambois harus berbelok menuju arah timur mengikuti rute menuju pantai Sendang Biru, lalu akan ada petunjuk ke arah Pantai Gatra/CMC Tiga Warna. Rekanmbois cukup terus saja mengikuti petunjuk tersebut. Jika bingung, rekambois dapat bertanya kepada penduduk sekitar yang biasanya sedang berkebun.

Setelah rekambois mulai memasuki kawasan Magrave Clungup, rekambois akan diminta untuk memarkirkan kendaraan anda dan berjalan kaki mengikuti arahan petugas di masing-masing pos. Pantai Gatra juga merupakan salah satu pantai yang terletak di kawasan konservasi mangrove. Jadi untuk memasuki pantai tersebut, rekambois diminta untuk melakukan pendataan pengunjung dan barang bawaan yang bisa berpotensi menjadi sampah.

– Tiket Masuk Pantai Gatra

Untuk memasuki Pantai Gatra rekambois tidak di pungut tiket masuk namun rekambois diminta untuk mendonasikan dana untuk pembangunan fasilitas sebesar Rp. 10.000 per orang untuk konservasi magrove.

– Wisata Yang Ada di Pantai Gatra

Selama berjalan kaki menuju Pantai Gatra, rekambois dapat menikmati keindahan kawasan Mangrove Clungup dan rekambois juga akan melewati Pantai Clungup. Rekambois dapat berhenti sejenak di Pantai Clungup untuk mengambil beberapa foto.

Rekambois dapat menikmati keindahan Pantai Gatra yang sering disebut banyak orang sebagai Raja Ampatnya Jawa Timur. Pantai ini adalah pantai yang masih alami. Hal ini dapat dilihat warna airnya yang jernih, sampai-sampai rekambois dapat melihat pasir yang berada di bawah air.

Suara deburan ombak di Pantai Gatra merupakan sebuah terapi yang bisa menenangkan pikiran rekambois. Rekambois dapat menyewa kano untuk dimainkan di laut, namun dengan tetap berhati-hati terhadap ganasnya ombak pantai Selatan.

Kebersihan di Area pantai Gatra membuat anda semakin nyaman berada di sana. Di area Pantai Gatra juga terdapat bumi perkemahan. Rekambois dapat mendirikan tenda di sana dan menikmati keindahan laut di malam hari. Jika rekambois berniat bermalam namun tidak membawa tenda dan peralatan berkemah, jangan khawatir karena petugas/penjaga pantai juga menyediakan persewaan tenda dan peralatan berkemah.

Fasilitas Pantai Gatra

– Tempat Parkir; Sudah tersedia tempat parkir baik untuk roda 2 maupun roda empat. Tarif parkir bervariasi bergantung pada jenis kendaraan dan hari.

– Hotel atau Penginapan; Pantai Gatra adalah kawasan Konservasi Magrove, jadi di area pantai tidak ada hotel maupun penginapan. Untuk anda yang berencana menginap, anda dapat menginap di rumah warga yang menyediakan penginapan atau mendirikan tenda di area perkemahan dengan harus mendaftar terlebih dahulu kepada petugas.

– Toilet; Toilet tersedia di area sekitar tempat parkir dan pos.

– Rumah Makan atau Warung; Saat ini belum tersedia rumah makan maupun warung di area pantai namun dari pantauan malangmbois.com tampak beberapa warga sekitar menjual makanan dan minuman di sepanjang jalan menuju Pantai Gatra.

LEAVE A REPLY